Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Inilah 5 Tips Menjadi Guru Untuk Pemula

Tips Menjadi Guru Untuk Pemula
Inilah 5 Tips Menjadi Guru Untuk Pemula
– Pengalaman pertama memang sering membuat grogi. Termasuk pengalaman pertama dalam mengajar. Biasanya akan muncul rasa gugup dan ragu terhadap kemampuan menyampaikan materi. Sebaiknya berusaha untuk mengatasi rasa gugup itu agar tampil sebagai guru yang baik dalam menyampaikan materi dan disukai oleh murid-murid.

Tips Menjadi Guru Untuk Pemula Dalam Mengajar Di Kelas

Wajar jika muncul rasa grogi saat pertama kali mengajar di kelas. Hal ini umumnya terjadi karena masih merupakan pengalaman pertama dan belum mengenal setiap karakter murid. Namun, tidak perlu kuatir, sebab ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar pengalaman pertama dalam mengajar menjadi sukses dan menyenangkan. Berikut ini adalah tips mengajar yang memudahkan guru pemula untuk menyampaikan materi dan menarik perhatian siswa.

Tips Menjadi Guru Untuk Pemula dengan Menguasai Materi

Bekal utama dalam mengajar, terutama untuk pertama kalinya adalah menguasai materi dengan baik. Tips menjadi guru untuk pemula ini bertujuan meningkatkan kepercayaan diri.

Penyampaian materi pun dapat dilakukan secara lancar dan dapat menjawab semua pertanyaan sisawa. Selain itu perlu memperbanyak referensi agar dapat memberikan informasi tambahan yang akan menarik siswa untuk menyimak.

Tak ada salahnya, melakukan latihan terlebih dahulu, mengingat latihan dapat sekaligus mengecek kesiapan. Jika memungkinkan, ajak saudara atau teman untuk berperan sebagai murid. Minta mereka untuk mengajukan pertanyaan jika ada penyampaian yang kurang jelas. Simulasi semacam ini cukup efektif  untuk melakukan pengecekan apakah penguasaan materi sudah baik atau perlu ditambah.

Berpenampilan Rapi Dan Menarik

Tips menjadi guru untuk pemula yang selanjutnya adalah memperhatikan penampilan. Tidak hanya materi, penampilan pun perlu dipersiapkan. Penampilan yang bersih, rapi, dan menarik akan meningkatkan kepercayaan diri.

Hal ini juga akan berpengaruh saat menyampaikan materi, Hal yang perlu diperhatikan adalah berbusana sesuai aturan yang ada di tempat mengajar, tetapi tetap mengutamakan kenyamanan. 

Lakukan Perkenalan Yang Khas Dan Menarik

Karena baru pertama kali mengajar, tentunya guru pemula perlu melakukan perkenalan. Namun, bukan sekadar memperkenalkan nama saja, momen perkenalan ini adalah kunci untuk dapat menarik minat siswa selanjutnya.

Perkenalan yang khas dan ceria tentu akan menarik bagi siswa. Tak ada salahnya menyisipkan sedikit humor ringan saat perkenalan untuk mencairkan suasana. Meskipun demikian, tetap tunjukkan kewibawaan sebagai guru agar siswa tetap hormat. 

Tarik Perhatian Siswa Saat Menyampaikan Materi

Tantangan bagi setiap guru, terutama pemula, adalah mempertahankan minat siswa dalam menyimak materi. Tak jarang, di tengah penyampaian materi, murid kehilangan konsentrasi dan kelas menjadi gaduh

 Jika mengalami ini, tak perlu berteriak untuk menyaingi kegaduhan mereka. Lakukan tips menjadi guru untuk pemula yang kreatif untuk kembali menarik perhatian para siswa. 

Misalnya dengan menulis informasi per kata di papan tulis, tetapi segera menghapusnya kembali. Cara ini efektif untuk membuat siswa kembali konsentrasi menyimak pelajaran karena tidak ingin ketinggalan informasi. Cara berikutnya adalah mengajak siswa melakukan ice breaking karena murid yang kehilangan konsentrasi belajar umumnya akibat rasa jenuh yang dialaminya. Intermezzo berupa informasi unik terkait materi juga dapat mengembalikan minat siswa.

Memberi Kesempatan Siswa Untuk Berinteraksi

Kegiatan belajar mengajar yang menarik dan menyenangkan dapat dicapai jika dilakukan dua arah. Tips menjadi guru untuk pemula agar terwujud interaksi ini, tidak hanya dengan memberikan pertanyaan saja.  Namun, bisa juga dengan meminta siswa menyampaikan pendapat atau pengalamannya terkait materi. Mengajak siswa secara aktif dalam kegiatan di kelas juga akan meningkatkan kemampuan mereka dalam memahami materi. 

Itulah tadi beberapa tips menjadi guru untuk pemula yang dapat dipraktikkan untuk menarik minat siswa dalam menyimak pelajaran. Perlu diperhatikan juga agar dapat membangun kedekatan dengan siswa secara personal dengan memperhatikan karakter mereka masing-masing. Hal ini bertujuan agar siswa merasa nyaman saat belajar di kelas, sehingga selalu siap menyimak pelajaran dengan minat penuh.

Post a Comment for "Inilah 5 Tips Menjadi Guru Untuk Pemula"