Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Catat! Ini 5 Tips Menjadi Guru Yang Disayang Siswa

Catat! Ini 5 Tips Menjadi Guru Yang Disayang Siswa
Catat! Ini 5 Tips Menjadi Guru Yang Disayang Siswa
– Sekarang ini guru yang masih menggunakan metode kaku dan cenderung otoriter sudah tidak relevan lagi. Seiring perkembangan zaman, telah terjadi pergeseran pada banyak hal.

Salah satunya adalah pola pikir anak-anak generasi milenial dan metode pendidikan modern. Pembelajaran akan lebih efektif bila peserta didik dan guru memiliki interaksi dan komunikasi yang menyenangkan.

Kelas pun akan menjadi lebih atraktif dan memiliki suasana yang membangkitkan semangat dan antusiasme. Namun tentunya ini bukan hal yang mudah. Guru dituntut untuk terus belajar, berbenah diri dan mengembangkan berbagai keterampilan yang mampu menjembatani jarak antara guru dan siswa. Jarak yang sayangnya selama ini justru membuat pembelajaran di sekolah menjadi tidak lagi efektif.

Begini 5 Tips Menjadi Guru Yang Disayang Siswa

Bagi seorang guru menjadi guru yang disenangi siswa dan memiliki kemampuan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan itu emudian menjelma menjadi sebuah kewajiban. Meskipun tidak mudah, tetap harus diiusahakan sedemikian rupa. Berikut ini ada 5 tips menjadi guru yang disayang siswa. Mari simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Menguasai Materi Pembelajaran Dengan Baik

Hal paling krusial saat Anda menjadi guru adalah dengan menguasai materi pembelajaran dengan baik. Sehingga Anda pun dapat menyasar tujuan pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Walaupun umumnya siswa telah dibekali dengan buku, internet dan media lain sebagai bahan pembelajaran, pastinya siswa tetap membutuhkan penjelasan yang kredibel dari gurunya.

Memberikan Kesan Positif Dan Menampilkan Sikap Antusias 

Tips menjadi guru yang disayang siswa selanjutnya yaitu dengan menampilkan kesan positif dan bahasa tubuh yang bersemangat penuh antusiasme. Berikan senyum yang tulus dan sapalah siswa. Ini akan membuat siswa merasa nyaman dan bukan tidak mungkin sikap bersemangat dan antusiasme Anda juga akan menular pada peserta didik Anda.

Menjadi Pribadi Yang Menyenagkan Dan Humoris

Semua orang meyukai priadi yang humoris. Demikian halnya dengan para siswa terhadap gurunya. Anda tentu harus memiliki sifat humoris yang bisa dimunculkan dalam proses belajar mengajar di kelas. Kegiatan belajar mengajar tidak akan terasa kaku jika Anda merupakan seorang yang humoris. 

Meskipun demikian, humoris bukan berarti tidak serius. Melainkan mampu mencairkan suasana ketika kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung. Tips menjadi guru yang disayang siswa ini dapat Anda lakukan dengan menyelingi atau menyisipkan hal-hal ucu dengan materi-materi pelajaran yang ada. Namun pastikan hal lucu tersebut tetap nyambung dengan materi.

Mengikuti Perkembangan Zaman

Jangan menjadi guru yang kaku dan kolot. Sebagai guru Anda harus selalu mengikuti perkembangan zaman dan menjadi guru yang kekinian. Misalnya seperti mengetahui model pembelajaran terbaru, mengetahui berbagai teknologi pembelajaran yang terbaru, dan peka terhadap isu-isu yang sedang hangat mengenai pendidikan. Sehingga siswa pun akan selalu memperoleh ilmu pengetahuan yang paling aktual.

Menjadi Teladan Yang Menginspirasi Siswanya

Tips menjadi guru yang disayang siswa berikutnya yaitu dengan menjadi contoh atau teladan bagi siswa. Sehingga guru bukan hanya bertugas mengajarkan teori semata. Namun karena siswa bisa saja meniru perilaku gurunya maka guru pun dituntut agar dapat tampil sebagai suri tauladan yang baik. Contohnya saat Anda meminta siswa bersikap, maka gurulah yang wajib memperihatkan perilaku disiplin terlebih dahulu.

Demikian tadi beberapa Tips menjadi guru yang disayang siwa yang dapat Anda coba untuk terapkan. Karakter guru seperti yang dijelaskan di atas akan mampu membangun ikatan emosional yang kuat antara siswa dan guru. Pada akhirnya Guru  bukan hanya dianggap sebagai pekerjaan atau profesi saja namun lebih dari itu. Guru akan dimaknai sebagai sebuah pengabdian dan proses ibadah yang panjang. 


1 comment for "Catat! Ini 5 Tips Menjadi Guru Yang Disayang Siswa"

  1. Furthermore, Cafe Casino additionally options an attention-grabbing premium bitcoin unique membership. Upgrading to this membership tier will unlock much more bonuses and particular perks not out there to common customers. Bovada is all the time including new games too, so you will never get bored and will all the time have one thing attention-grabbing to deposit your money for and play. To top all of it off, it offers superior bonus packages which are be} distinctive to crypto deposits. The 빅카지노 welcome package deal can earn you as much as} 5 BTC plus a hundred and eighty free spins. Meanwhile, if you invite friends alongside to the enjoyable, you'll be able to|you presumably can} bag your self a $200 bonus, which is double most of the different offers you’ll discover online.

    ReplyDelete