Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Akun SIM-PKB Lengkap Dengan Gambar

Cara Membuat Akun SIM-PKB Lengkap Dengan Gambar
Cara Membuat Akun SIM-PKB Lengkap Dengan Gambar
- Pemerintah kini sedang mempersiapkan proses dan petunjuk teknis dalam seleksi PPPK. Dimana salah satunya adalah bimbingan teknis dan juga pembagian materi PPPK sebagai bahan pembelajaran guru dalam mengikuti seleksi test PPPK.

Pemerintah melalui kemdikbud, kini sedang mempersiapkan portal pembelajaran dalam persiapan seleksi PPPK dimana peserta akan disediakan bahan belajar mandiri dan latihan soal sebagai bekal dalam mengikuti seleksi Guru, sistem bahan belajar mandiri yang User Friendly (mudah, ringan, dan ringkas), pendekatan pedagogi belajar mandiri secara daring dengan menggunakan konstruktivisme sosial melalui komunitas pembelajaran.

Program Guru Belajar seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bisa diakses dan login melalui https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-pppk/ Kemudian klik "Mulai Belajar" seperti pada gambar berikut, 
Catatan: untuk sementara tidak bisa di akses alias tidak bisa login. Login akan diaktifkan jika jadwal resmi Seleksi PPPK sudah dipublikasikan.

Untuk mengakses program guru belajar tersebut dibutuhkan sebuah akun yang terdaftar dengan email khusus. Jika anda belum punya akun, maka sebaiknya silahkan buat akun untuk mempermudah nantinya saat pendaftaran.

Namun sebelum membuat akun anda harus menyiapkan nomor UKG sebagai bahan untuk mendaftar dan membuat akun. Apa itu nomor UKG dan bagaimana cara mendapatkannya ?

SIM PKB memiliki arti Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian dan Berkelanjutan. SIM PKB merupakan sebuah program tindak lanjut dari hasil pemetaan kualitas seorang guru terhadap pendidikan setelah mengikuti dan melaksanakan instrumen Uji Kompetensi Guru atau biasa disebut dengan UKG.

Panduan Pencarian Nomor UKG

Berikut ini merupakan persyaratan dan langkah yang dilakukan bagi para Guru / Kandidat untuk mencari informasi nomor UKG :
  1. Pastikan Anda terdaftar aktif di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Sekolah dan pastikan Dapodik Sekolah sudah sinkron dengan Dapodik Pusat.
  2. Jika Dapodik sekolah belum sinkron dengan Dapodik Pusat, silahkan hubungi operator Dapodik sekolah. Setelah Dapodik sekolah sinkron dengan Dapodik Pusat, tunggu 2x24 jam untuk mendapatkan akun SIM-PKB.
  3. Cari dan aktivasi akun SIM-PKB Anda melalui laman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/.
  4. Masukan nama, propinsi, dan kota Anda kemudian silakan klik tombol CARI GTK
  5. Selanjutnya gulir kebagian bawah laman untuk melihat hasil pencarian, dan silakan lihat nomor UKG seperti pada gambar dibawah ini.
Setelah mendapatkan no UKG tersebut maka catat dan simpan untuk memudahkan registrasi seperti pada tahap selanjutnya berikut ini.

Panduan Registrasi Akun SIM-PKB

Untuk dapat masuk dan mengikuti Program Guru Belajar seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru wajib memiliki akun SIM-PKB. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang dilakukan untuk registrasi akun SIM-PKB.
  1. Akses laman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/ dan klik Registrasi Akun GTK
  2. Selanjutnya silakan lengkapi data Nomor Peserta UKG dan Tanggal Lahir Anda serta klik konfirmasi "Saya bukan robot". Jika sudah silakan klik tombol REGISTER
  3. Lakukan konfirmasi registrasi akun dengan klik tombol Setujui & Cetak
  4. Lakukan cetak dokumen pemberitahuan Akses Layanan dengan klik tombol Save atau Simpan / tombol berwarna biru (Sesuai pengaturan browser Anda)
Setelah selesai melakukan langkah no 4, maka pendaftaran dan pembuatan akun SIM-PKB telah selesai. Silahkan simpan dokumen pdf tersebut ditempat yang aman tetapi anda mudah untuk mengaksesnya jika lupa informasi login nantinya.

Silahkan Gunakan info akun tersebut untuk login di Program Guru Belajar seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bisa diakses dan login melalui https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-pppk/ . Demikianlah cara membuat akun SIM-PKB ini dan akhir kata semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Membuat Akun SIM-PKB Lengkap Dengan Gambar"