Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Passing Grade Kelulusan PPPK 2021 Beredar, Kalangan Honorer Ribut, BKN : Belum Ada Penetapan

Passing Grade Kelulusan PPPK 2021 Beredar, Kalangan Honorer Ribut, BKN : Belum Ada Penetapan
Di kalangan honorer K2 maupun nonkategori ribut dengan beredarnya passing grade kelulusan PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja). Mereka khawatir tidak bisa memenuhi passing grade yang ditetapkan pemerintah.

Dalam daftar perhitungan passing grade yang beredar di kalangan honorer K2 itu tersebut tercantum empat materi kompetensi yaitu manajerial, sosio-kultural, teknis/pedagogik, wawancara.

Disebutkan juga nilai ambang batas minimal 65 untuk kompetensi manajerial, sosio-kultural, dan teknis. Khusus kompetensi teknis passing grade-nya minimal 42. Sedangkan ambang batas tes wawancara minimal 15.

“Ini teman-teman ribut semua karena beredar perhitungan passing grade. Nilainya mirip seleksi PPPK 2019,” kata Dudi Abdullah, guru honorer K2 di Kabupaten Garut, Senin (15/2).

Dudi pada rekrutmen Februari 2019 gagal memenuhi passing grade untuk kompetensi teknis. Nilainya hanya terpaut dua poin.

Bila dilihat dari passing grade kelulusan PPPK 2019 dugaan Dudi yang juga pengurus Perkumpulan Honorer K2 Indonesia (PHK2I) Garut ini ada benarnya juga.

Dalam Pasal 7 Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN-RB) Nomor 4 Tahun 2019 tentang nilai ambang batas seleksi PPPK untuk guru, dosen, tenaga kesehatan, dan penyuluh pertanian disebutkan, peserta dinyatakan memenuhi nilai ambang batas kumulatif apabila memenuhi nilai seleksi kompetensi (teknis, manajerial, dan sosial kultural) paling rendah 65. Dan nilai seleksi kompetensi teknis paling rendah 42.

Apabila telah memenuhi nilai ambang batas, peserta harus memenuhi nilai ambang batas wawancara berbasis komputer paling rendah 15.

Dalam Pasal 8 dinyatakan, nilai wawancara dipergunakan jika peserta memenuhi nilai ambang batas seleksi kompetensi. tu berarti bagi honorer K2 yang tidak memenuhi passing grade seleksi kompetensi, nilainya wawancaranya tidak akan ditambahkan.

Lantas bagaimana tanggapan pemerintah? Plt Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN)  Paryono membantah sudah ada penetapan passing grade PPPK untuk tahun ini.

“Belum ada penetapan passing grade karena harus menunggu PermenPAN-RB dulu,” ujarnya seperti dilansir dari JPNN.

Dia menyatakan, untuk kelulusan PPPK tetap ada passing grade-nya. Tidak akan mungkin semua honorer yang ikut PPPK diluluskan semuanya. Hanya yang lulus passing grade berhak mengisi formasi PPPK yang disiapkan pemerintah.
Sumber: jpnn com, jambiekspres.coid, halloindo.com

Post a Comment for "Passing Grade Kelulusan PPPK 2021 Beredar, Kalangan Honorer Ribut, BKN : Belum Ada Penetapan"