Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Materi Pelajaran : Analisis Keterampilan Gerak Permainan Softball

Materi Pelajaran : Analisis Keterampilan Gerak Permainan Softball
Permainan Softball termasuk permainan beregu yang dapat dikelompokkan kedalam permainan bola pukul. Permainan softball dimainkan oleh 9 orang pemain dan bermain dalam 7 inning, yaitu masing-masing regu mendapat giliran menjadi pemain bertahan dan menyerang masing-masing 7 kali. Pergantian ini akan dilakukan apabila regu bertahan berhasil mematikan pemain dari regu penyerang sebanyak 3 orang.

Cara memainkannya ialah seorang pemukul melakukan pukulan terhadap bola yang dilemparkan oleh pitcher (pelempar bola). Bola dipukul dengan menggunakan alat pukul (bet).

Pelempar bola bertugas dari tengah lapangan, dimana anggota regunya bertugas juga di tiga home base, empat di luar lapangan dan satu di home plate. Seorang pemukul, harus berhasil mengelilingi semua base sebelum bola mengenai base yang ditujunya. Pemukul dapat menolak lemparan bola yang dirasa tidak sesuai.

Keterampilan gerak dalam permainan softball yang perlu  diketahui dan dikuasai adalah keterampilan memegang tongkat (pemukul), memukul, melempar dan menangkap bola.

Memegang bet/pemukul dapat dilakukan dengan pegangan bawah: tongkat dipegang dekat bonggol, pegangan tengah: tongkat dipegang dengan posisi tangan bawah 2,5 cm/ 5 cm dari bonggol, dan pegangan atas: tongkat dipegang dengan posisi tangan bawah 7,5 cm/ 10 cm dari bonggol.

Memukul bola dapat diarahkan ke bawah, menyusur tanah/mendapat, dan melambung tinggi ke atas. Melempar bola dapat dilakukan dengan bola rendah, lurus, tinggi, dan lambungan bola untuk pengumpan (pitcher). 

Menangkap bola disesuaikan dengan arah bola yang datang, yaitu: bola rendah,  lurus, dan tinggi. Semua keterampilan gerak dalam permainan softball dapat dipelajari dan laksanakan dalam permainan softball sederhana.

Analisis Keterampilan Gerak Memegang Bet/Pemukul

Cobalah kalian lakukan dan analisis keterampilan gerak memegang bet/pemukul dengan urutan gerakan sebagai berikut:
  1. Kayu pemukul dipegang erat dengan dua tangan saling merapat.
  2. Sendi antara kedua dan ketiga jari-jari tangan yang di atas segaris dengan pertengahan ruas ketiga jari tangan yang ada di bawahnya
  3. Posisi pegangan senyaman mungkin untuk melakukan pukulan. ada 3 cara yang dapat dilakukan untuk memegang tongkat/stick softball, yaitu: Pegangan bawah: tongkat dipegang dekat bonggol. Pegangan tengah: tongkat dipegang dengan posisi tangan bawah 2,5 cm/ 5 cm dari bonggol. Pegangan atas: tongkat dipegang dengan posisi tangan bawah 7,5 cm/ 10 cm dari bonggol.
  4. Perhatikan Gambar
    Perhatikan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika memegang tongkat pemukul, yaitu: pegangan kurang kuat, tidak fokus dalam memegang, memegang tidak sesuai tujuan dalam memukul, dan posisi lengan kaku. 

Analisis Keterampilan Gerak Memukul

Cobalah kalian lakukan dan analisis keterampilan gerak memukul dengan urutan gerakan sebagai berikut:
  1. Sikap awal peganglah pemukul sesuai dengan cara memegang pemukul.
  2. Sikap badan sedikit membungkuk, diarahkan pada lemparan bola.
  3. Kaki dibuka senyaman mungkin.
  4. Ayunkan kedua lengan ke belakang diikuti sedikit putaran badan.
  5. Ketika bola datang, segera ayunkan kembali kedua lengan dan tangan sehingga bola dan pemukul bertubrukan. 
  6. Arahkan pukulan ke bawah, menyusur tanah/mendatar, atau melambung jauh ke belakang.
  7. Pada akhir pukulan diikuti badan sedikit memutar sebagai gerakan lanjutan.
  8. Perhatikan gambar 
    Perhatikan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika memukul bola softball, yaitu: pegangan kurang kuat, tidak fokus pada bola, ayunan kedua lengan kurang maksimal, posisi badan kaku, arah pukulan tidak jelas, dan tidak ada gerak lanjut.

Aktivitas Pembelajaran Melalui Permainan Softball Sederhana

Setelah kalian melakukan dan menganalisis berbagai keterampilan gerak dalam permainan softball, sekarang cobalah lakukan aktivitas belajar berikut ini:
  1. Lakukan pembelajaran gerak permainan softball terdiri dari gerakan memegang pemukul yang benar, melempar dan menangkap bola lengkap dengan segala variasinya, memukul dan menangkap bola lengkap dengan segala varasinya baik sendiri, berpasangan maupun beregu.
  2. Buatlah dua regu yang sama banyak, satu regu sebagai pemukul dan regulainnya sebagai penjaga.
  3. Regu yang mendapat giliran memukul, setiap pemain mendapat kesempatan 3 kali memukul. Jika pukulan yang pertama atau kedua sudah baik, pemukul harus segera lari ke base pertama.
  4. Urutan pemukul ditentukan oleh nomor urut yang telah ditentukan sebelum permainan dimulai.
  5. Tiap-tiap base hanya boleh diisi oleh seorang pemain pemukul, di mana pemukul pertama tidak boleh dilalui pemukul kedua dan seterusnya.
  6. Pemain bebas mengadakan gerakan selama bola dalam permainan, kecuali bila pitcher sudah siap untuk melempar bola kepada pemukul.
  7. Pada waktu akan di “tik” pelari tidak boleh menghindar dengan berlari keluar atau ke dalam dari betas yang telah ditentukan.
  8. Setiap pelari dengan pukulan yang baik dapat kembali dengan selamat melampaui home base mendapat nilai 1.
  9. Lama bermain ditentukan dengan  inning  dan lamanya permainan softball adalah 7 inning/babak.
  10. Susunlah rencana  perbaikan dari aktivitas yang baru saja dilakukan baik sendiri, bersama teman atau guru untuk perbaikan aktivitas gerakan yang akan datang sesuai ketentuan gerakan yang ada.
Pengetahuan kalian akan dinilai melalui, tes tertulis maupun penugasan tentang kerja kajian konsep, dan prinsip berbagai keterampilan gerak dalam permainan softball. Keterampilan kalian akan dinilai melalui unjuk kerja selama mengikuti pembelajaran permainan Softball yang meliputi: pengamatan keterampilan gerak dan penampilan bermain.

Post a Comment for "Materi Pelajaran : Analisis Keterampilan Gerak Permainan Softball "