Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengenal Pendataan Guru Di Dapodik

Mengenal Pendataan Guru Di Dapodik
Mengenal Pendataan Guru Di Dapodik
- Seorang guru kini dituntut serba bisa, selain itu background pendidikkan juga menjadi landasan. Agar pendidikan yang diberikan memberikan hasil yang maksimal, memang harus ada rencana yang matang.

Nah rencana-rencana tersebut dimasukkan jadi dalam suat wadah yang namanya Dapodik. Dengan rancangan data yang terdaftar di dalamnya maka dengan gampang akan dibentuk langkah ke depannya.

Dapodik sendiri adalah kepanjangan dari Data Pokok Pendidikan Dasar Dan Menengah. Yang mana di dalamnya terdaftar semua data siswa dan juga guru pengajar. dapodik merupakan aplikasi yang digunakan untuk membantu sekolah dalam menginput data siswa beserta data lainnya. Dengan aplikasi dapodik ini diharapkan proses pencatatannya akan semakin cepat dan terarah.

Fungsi Pendataan Dapodik

Dengan adanya pendataan Dapodik, maka pemerintah khususnya Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan dapat menetukan sutau kebijakan terkait dengan bantuan operasional sekekolah. Nah, data yang ada pada Dapodik inilah yang menjadi panduan nantinya.

Jadi Dapodik ini mempunyai fungsi yang sangat vital, terutama dalam hal Bantuan dari pemerintah, fungsi tersebut meliputi:

Pendataan Dapodik Sebagai Penentu Alokasi Bantuan Operasional Dari Pemerintah

Dapodik mempunyai fungsi sebagai data acuan pemeinta yaitu KEMENDIKBUD dalam menentukan anggaran dana operasional sekolah berdasarkan jumlah siswa yang terdaftar. Selain itu, Dapodik juga digunakan sebagai daa acuan untuk menentukan anggaran bantuan kelengkapan fasilitas yang masih kurang di sekolah tersebut.

Sebagai Penentu Alokasi Tunjangan Bagi Guru Pengajar

Pendataan Dapodik nantinya dapat digunakan sebagai sumber data oleh pemerintah dalam hal penentu berapa jumlah guru yang dapat menerima tunjangan.

Tentunya hal ini sudah terdapat apat diterima oleh guru yang memenuhi kriteria persyaratan penerima tunjangan. Dengan demikian tunjangan menjadi tepat sasaran.

Sebagai Validasi Data Pendidik Dan Juga Data Siswa

Dapodik juga menjadi tempat untuk validasi dan verifikasi data, baik data tenaga pendidik maupun data peserta didiknya. Yang mana untuk pendidik, data ini merupakan rangkaian dari NUPTK yang sangat penting bagi pemiliknya.

Begitu juga dengan peserta didik atau murid, pada Dapodik akan mencatat NISN yang mana sangat penting bagi siwa karena juga digunan untuk pendaftran sekolah maupun kepentingan lainnya.

Sebagai Wadah Pemerataan serta Pemetaan Guru

Pendataan Dapodik juga berfungsi sebagai progam pemerataan maupun pemetaan terhadap kesediaan tenagan pengajar.

Dengan melihat data ini, maka dapat melihat sekolah mana yang masih minim tenaga pendidiknya. Bersumber dari data Dapodik sehingga bisa dilakukan pemerataan tenaga pendidik bagi daerah yang masih mengalami kekurangan.

Sebagai Wadah Evaluasi Terhadap Kebijakan Pemerintah

Dengan data yang berasal dari Dapodik juga bisa dibuat sebagai media evaluasu terhadap progam atau kebijakan yang dilakuakan oleh pemerintah.

Dengan demikian makan penyampaian laporan ataupun pertanggung jawaban terhadap progam yang dilakukan akan menjadi lebih cepat. Selain laporannya menjadi lebih cepat, juga dapat menghindari resiko penyelewengan baik data, laporan maupun laporan pertanggung jawaban. Angka korupsi tentunya dapat semakin dihindari.

Cara Registrasi Pendataan Dapodik 

Untuk pendataan Dapodik ini mendaftarnya juga cukup gampang, karena telah hadir aplikasinya. Pendataan bisa dilakukan secara online melaui operator.

Tinggal isi data secara menyeluruh maka data akan tersimpan di Dapodik yang daat sampai ke pusat pada hari itu juga. Tidak perlu repot mengantri atau memfoto copy banyak lebar file. 

Untuk file yang diperlukan cukup diupload sesuai intruksi, jadi lebih efisen. Cara ini terbukti lebih efktif dari cara manual. Nah jika suatu saat membutuhkan data-data tersebut, tingga masuk saja ke aplikasi kemudian search apa yang ingin di cari.

Maka akan muncul rentetan data yang dicari. Jadi lebih cepat dan gambapng jika membutuhkan data dalam waktu cepat.

Penting pendataan Dapodik ini sehingga menjadikannya harus diisi oleh semua sekolah di Indonesia. Dengan dara Dapodik yang engkap, maka penyaluran bantuan atau progam pendidikan pastinya akan menjadi lebih terarah. Dengan semakin terarahnya pendidikan kita, maka setiap anak akan bisa mendapatkan hak belajar yang memadai.

Semoga sistem pendataan Dapodik ini semain berkembang, agar dapat membantu terciptanya kesetaraan pengajaran di seluruh Indonesia.

Dengan Dapodik, semoga terjadi kesetaraan  baik gurunya ataupun sarana kegiatan belajar mengajar. Agar seluruh siswa dapat mendapat pengajaran yang baik dan setiap pengajar mendapatkan penghidupan yang layak.

Post a Comment for "Mengenal Pendataan Guru Di Dapodik"