Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Apakah Guru Harus Melek Teknologi?

Apakah Guru Harus Melek Teknologi?
Apakah guru harus melek teknologi ?
Pesatnya arus teknologi seperti saat ini membuat berbagai hal dapat diakses secara mudah. Sebagai seorang pioner, guru dituntut untuk dapat menguasai teknologi. Sebuah tantangan baru yang cukup besar mengingat sebagai guru memiliki peran yang cukup berpengaruh. Penguasaan teknologi ini tentunya tanpa alasan.

Generasi milenial saat ini, teknologi seperti hal biasa. Maka dari itu, tidak heran terkadang murid lebih mengerti teknologi dibandingkan dengan guru.

Oleh sebab itu, penting untuk guru belajar menghadirkan pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi saat ini. Dengan pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran, diharapkan mampu menghasilkan metode-metode pembelajaran yang baru.

Alasan Guru Harus Melek Teknologi

Dengan begitu, tidak hanya pembelajaran biasa seperti tatap muka, latihan soal tertulis secara manual dan lain sebagainnya. Namun dengan adanya pemanfaatan teknologi, akan membuat siswa belajar lebih semangat lagi. Selain itu, juga membuat ponsel atau smartphone miliknya dapat lebih bermanfaat, tidak hanya untuk bermain. Apakah guru harus melek teknologi ? Jawabannya, iya. Berikut alasannya:

Agar Menciptakan Belajar Mengajar yang Lebih Fleksibel

Alasan mudah mengapa guru harus melek teknologi adalah agar mampu mencitakan proses belajar mengajar yang fleksibel. Terlebih di waktu pandemi ini, sebagian besar kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan cara online atau daring. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk memberikan pembelajaran walaupun tidak dapat dilaksanakan tatap muka, perlu penguasaan teknologi.

Contoh sederhana, guru harus melek teknologi adalah dapat membagikan materi atau share materi lewat berbagai aplikasi seperti whatsapp, class room atau lain sebagainnya. Atau dapat pula menggunakan google meer, zoom dan lainnya untuk menggantikan tatap muka. Dengan begitu, pandemi covid bukan jadi alasan guru tidak mengajar dan murid tidak belajar.

Tidak Ada Kelas yang Membosankan

Cara tradisonal seringkali membuat siswa menjadi lebih bosan. Sebab saat ini smartphone sudah menjadi kebutuhan dan sulit untuk disingkirkan.

Maka dari itu, menggunakan berbagai media dalam mengajar akan membuat kelas menjadi lebih menyenangkan. Ada banyak cara seperti memutarkan film, video, dan berbagai cara yang lainnya. Dengan begitu, maka pelajaran tersebut akan senantiasa dinanti.

Mengajarkan Murid dengan Teknologi yang Positif

Kecanduan terhadap smartphone mamang sering kali membuat siswa menjadi malas untuk belajar. Maka dari itu, agar tetap semangat dan mampu mengikuti pelajaran seperti biasanya, dapat dengan memanfaatkan teknologi secara lebih bijak, salah satunya guru harus melek teknologi adalah dengan penggunaan teknologi secara lebih positif.

Itulah kenapa guru harus melek teknologi, mengingat saat ini anak seperti sudah terbiasa dengan gadgetnya. Maksud dari teknologi yang positif saat melangsungkan pembelajaran dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan internet. Seperti contoh membiasakan anak untuk mencari materi di internet sebelum memulai pembelajaran, baik melalui e-book, jurnal, artikel dan masih banyak lainnya.

Metode Pembelajaran Menjadi Lebih Seru

Yang tidak kalah menarik, ketika guru harus melek teknologi, maka ia akan mampu menciptakan inovasi-inovasi belajar yang lebih kreatif dan seru. Dengan begitu, dapat menerapkan berbagai metode baru setiap harinya. Hal ini dapat meminimalisir kejenuhan pada murid-muridnya. Semakin seru namun efektif dan terencana akan semakin terlihat hasilnya.

Posisikan diri Anda sebagai guru namun dapat pula sebagai teman dan juga orang tua. Dengan begitu, Anda dapat menjadi guru yang selalu dinanti pelajarannya dan metode-metode baru yang mengasyikkan.

Semakin Dicintai oleh Murid

Alasan terakhir untuk menjawab pertanyaan, apakah guru harus melek teknologi? Adalah semakin dicintai oleh murid-muridnya. Pasalnya, murid-muridnya tersebut akan menganggap gurunya keren dan berjiwa muda. Dengan begitu, murid akan semakin mendekat dan mampu menciptakan pembelajaran yang tidak kaku. Selain itu juga akan lebih nyaman dengan proses belajar yang demikian.

Penguasaan IPTEK atau Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ini penting agar dapat menyeimbangkan antara guru dan muridnya. Terlebih saat ini berbagai hal dapat dengan mudah diakses. Tutorial metode pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi di YouTube cukup banyak dan beragam, maka Anda sebagai guru bisa untuk mencontohnya.

Selain itu, pemanfaatannya sendiri sebaiknya disesuaikan dengan tingkatan sekolahnya agar mudah untuk menerima. Demikian itulah alasan-alasan dari pertanyaan, Apakah guru harus melek teknologi

Post a Comment for "Apakah Guru Harus Melek Teknologi?"