Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Lakukan Tips Berhemat Untuk Guru Honorer Agar Tetap Dapat Menabung Meskipun Gaji Pas-pasan

Lakukan Tips Berhemat Untuk Guru Honorer Agar Tetap Dapat Menabung Meskipun Gaji Pas-pasan
Lakukan Tips Berhemat Untuk Guru Honorer Agar Tetap Dapat Menabung Meskipun Gaji Pas-pasan
– Melihat besaran gaji yang diterima para guru honorer cukup miris. Ada yang satu bulan hanya mendapatkan gaji sebesar 200 ribu rupiah. Padahal kebutuhan saat ini semakin kompleks dan cukup mahal. Nah, bagaimana agar seorang guru honorer dengan gaji tersebut dapat menabung?

Tanamkan dalam diri bahwa setiap orang dapat menabung. Bukan hanya orang yang berpenghasilan banyak saja, tetapi guru honorer juga bisa. Karena menabung bukan diperuntukkan bagi orang yang ekonominya bagus dan tidak hanya orang yang memiliki uang banyak.

5 Tips Berhemat Untuk Guru Honorer

Sudah menjadi rahasia umum jika guru honorer memiliki gaji tidak banyak bahkan bisa dikatakan pas-pasan atau malah kurang. Meskipun demikian, masih banyak yang dapat menyisihkan uangnya. Bagaimana caranya? Ikuti tips berhemat untuk guru honorer berikut ini!

Pilih Waktu Menabung

Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah menentukan kapan waktu menabung. Adanya waktu ini bisa Anda jadikan sebagai acuan besaran uang yang akan disisihkan. Nah, karena gaji yang didapatkan tidak banyak sebaiknya pilih waktu menabung setelah gajian. Pasalnya saat itu Anda masih memegang uang gaji secara utuh sehingga dapat menyisihkan sebagian.

Tentukan Besaran Uang Yang Akan Ditabung

Tips berhemat untuk guru honorer yang kedua
yaitu menentukan besaran uang yang akan ditabung. Menabung bukanlah ajang lomba yang mengharuskan berjumlah banyak, tetapi menabung adalah aktivitas individu yang disesuaikan dengan kemampuannya. Oleh karena itu tidak perlu muluk-muluk untuk menabung banyak jika penghasilan pas-pasan. Cukup sisihkan sesuai kemampuan secara konsisten.

Manfaatkan Fasilitas Yang Ada Di Bank Sebagai Tips Hemat Untuk Guru Honorer

Saat ini bank sudah menjadi tempat yang aman dan terpercaya sebagai tempat menabung atau menyimpan uang. Dari golongan anak-anak hingga orang dewasa. fasilitas bank yang bisa Anda manfaatkan adalah fitur autodebit. Pada fitur tersebut akan secara otomatis memotong gaji Anda yang masuk ke rekening menjadi tabungan. Dengan demikian, Anda dapat menabung dengan konsisten dan terjadwal.

Merinci Kebutuhan

Merinci kebutuhan merupakan satu tips berhemat untuk guru honorer. Silakan buat pos-pos kebutuhan secara rinci setiap bulannya. Sehingga Anda dapat mengontrol kemana saja uang yang Anda miliki, untuk membeli apa saja. Bahkan kapan penggunaannya bisa Anda catat. 

Pasalnya, perilaku boros biasanya bermula dari ketidak-pedulian seorang terhadap pengeluaran yang dilakukannya. Baik itu pengeluaran harian ataupun pengeluaran bulanan. Itu menyebabkan mereka tidak berpikir dua kali ketika akan membeli barang. Padahal jika dapat lebih bijaksana, beli barang yang memang sangat diperlukan. tinggalkan membeli barang yang kurang bermanfaat.

Belanja Saat Diskon 

Selain menentukan waktu menabung, waktu belanja juga harus ditentukan sebagai tips berhemat untuk guru honorer. Meskipun sebenarnya Anda bisa melakukan belanja kapan saja. Tetapi, ada waktu tertentu sebuah swalayan akan memberikan diskon kepada pembelinya. Jika Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini, tentu akan lebih menguntungkan. 

Dengan memilih belanja diwaktu diskon, uang yang dikeluarkan dapat berkurang. selain itu, saat diskon Anda bisa membeli barang dalam jumlah yang lebih banyak dengan harga yang relatif murah. Namun, jangan sampai lupa karena banyak diskon sehingga membeli barang yang kurang bermanfaat. Cukup beli barang yang dibutuhkan, dan kontrol diri untuk tidak belanja berlebihan.

Demikianlah beberapa tips tips berhemat untuk guru honorer yang bisa Anda coba agar tetap bisa menabung meskipun gaji pas-pasan. Tips ini tidak hanya berlaku untuk guru honorer, tetapi semua orang yang ingin menabung dan berhemat dengan cara yang bijak. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Lakukan Tips Berhemat Untuk Guru Honorer Agar Tetap Dapat Menabung Meskipun Gaji Pas-pasan"