Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

KI dan KD PAI dan Budi Pekerti Kelas I-VI Kurikulum 2013 SD / MI Revisi

KI dan KD PAI dan Budi Pekerti Kelas I-VI Kurikulum 2013 SD / MI Revisi
KI dan KD Seni Budaya dan Prakarya Kelas I-VI Kurikulum 2013 SD / MI Revisi. Pada kesempatan ini kami akan menulis tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar khusus Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Sekolah Dasar / Madarsah Ibtidaiyah (SD/MI) secara lengkap mulai dari Kelas I, II, III, IV, V dan VI Semester Ganjil dan Semester Genap muatan Kurikulum 2013.

Silahkan download file KI dan KD PAI dan Budi Pekerti Kelas I-VI Kurikulum 2013 SD / MI Revisi pada bagian akhir artikel ini dengan mengklik tautan Unduh.

Kompetensi Inti (KI) merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills.

Kompetensi Inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element) kompetensi dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal Kompetensi Dasar.

Organisasi vertikal Kompetensi Dasar adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu kelas atau jenjang pendidikan ke kelas/jenjang di atasnya sehingga memenuhi prinsip belajar yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang dipelajari siswa.

Organisasi horizontal adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan konten Kompetensi Dasar dari mata pelajaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat.

Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi 2), pengetahuan (kompetensi inti 3), dan penerapan pengetahuan (kompetensi 4).

Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi Inti kelompok4).

Kompetensi Dasar (KD) merupakan sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai tujuan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.

Kompetensi Dasar adalah kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari kompetensi inti. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu dari mata pelajaran.

Download KI dan KD PAI dan Budi Pekerti Kelas I-VI Kurikulum 2013 SD / MI Revisi

File  Unduh


Demikianlah tentang KI dan KD Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Intidaiyah mulai Kelas 1 sampai kelas VI kami bagikan secara lengkap, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "KI dan KD PAI dan Budi Pekerti Kelas I-VI Kurikulum 2013 SD / MI Revisi"