Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Download ATP Silabus IPA Kelas VII K13 2022/2023 Revisi (Terbaru)

Silabus IPA Kelas VII K13 2022/2023 Revisi (Terbaru)
ATP Silabus IPA Kelas VII K13 2022/2023 Revisi (Terbaru)-Berikut ini kami akan membagikan Administrasi Guru yang ter-publish di artikel Silabus IPA Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi jenjang pendidikan SMA tahun pelajaran 2022/2023 Terbaru Gratis. Silabus ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) IPA Kelas 7 K13 revisi merupakan Buku Kerja yang berisikan Kompetensi Dasar (KD) dan Kompetensi Inti (KI), indikator, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan alokasi waktu. 

Bagi guru, Silabus/ ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) khususnya di mapel IPA atau Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII yang kami bagikan dapat membantu bapak/ibu guru dalam melengkapi perangkat pembelajaran. Karena berkas tersebut juga termasuk syarat akreditasi fisik satuan pendidikan di tahun ajaran 2022/2023.

Silabus/ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) merupakan salah satu hal yang diperlukan oleh pihak-pihak yang terkait di bidang akademik, terutama bagi pendidik dan peserta didik.

Lalu apa itu silabus? Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar (Kunandar, 2011: 244).

Silabus memiliki komponen-komponen yaitu sebagai berikut :

Standar Kompetensi Mata Pelajaran

Standar kompetensi mata pelajaran adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran suatu mata pelajaran. Standar Kompetensi terdapat dalam Permen Diknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.

Kompetensi Dasar

Kompetensi dasar adalah kemampunan minimal pada setiap mata pelajaran yang harus dicapai peserta didik.

Hasil Belajar

Hasil belajar adalah kemampuan peserta didik untuk memenuhi pencapaian pengalaman belajar dalam suatu kompetensi dasar.

Indikator Hasil Belajar

Indikator hasil belajar adalah acuan yang digunakan untuk mengetahui ketercapaian kompetensi dasar.

Materi Pokok

Materi pokok adalah pokok-pokok materi yang harus dipelajari oleh peserta didik.

Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran adalah bentuk kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan, apakah kegiatan tatap muka atau non tatap muka.

Alokasi waktu

Alokasi waktu adalah waktu yang diperlukan untuk menguasai masing-masing kompetensi dasar.

Penilaian

Penilaian adalah jenis, bentuk, dan instrumen yang digunakan untuk mengukur keberhasilan belajar peserta didik.

Sarana dan Sumber Belajar

Sarana belajar adalah alat yang digunakan atau mendukung kegiatan pembelajaran, sedangkan sumber belajar adalah referensi yang digunakan dalam pembelajaran.

Ada beberapa manfaat silabus berdasarkan komponen-komponen yang terdapat di dalamya, diantaranya yaitu membantu mengarahkan pendidik mengenai target yang harus dicapai peserta didik dalam pembelajaran, dapat dijadikan sebagai pedoman untuk pengembangan pembelajaran lebih lanjut, misalnya seperti pengembangan sistem penilaian atau lainnya.

Selain itu, silabus juga bermanfaat bagi peserta didik sebagai acuan untuk menyusun rencana pembelajaran, baik rencana pembelajaran secara berkelompok maupun individu.

Mulai tahun pelajaran 2022/2023 penyusunan Silabus dibantu Kemdikbudristek melalui program Merdeka Belajar, salah satunya mengenai pengembangan aplikasi yang di dalamnya mencakup keseluruhan bahan ajar (Silabus). Guru tinggal memilih (Kelas 7) beserta mata pelajaran (IPA) yang diajarkan.

1. Silabus IPA Kelas VII K13 2022/2023 Revisi (Terbaru)

File  Unduh

Demikianlah Silabus IPA Kelas VII K13 2022/2023 Revisi Terbaru ini kami bagikan, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Download ATP Silabus IPA Kelas VII K13 2022/2023 Revisi (Terbaru)"