Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Atasi Jika Lupa Password Akun SSCASN Untuk Pendaftaran PPPK 2022

Cara Atasi Jika Lupa Password Akun SSCASN Untuk Pendaftaran PPPK 2022
Pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK 2022 dibutuhkan akun SSCASN sebagai langkah awal. Langkah awal pembuatan akun SSCASN untuk PPPK 2022, tercantum pada Permenpan RB Nomor 20 Tahun 2022, pasal 23 dengan ketentuan berikut.

Ketentuan pertama pembuatan akun SSCASN untuk PPPK 2022 yaitu hanya dapat dilakukan sebanyak 1 kali, ketika awal pembukaan seleksi PPPK JF Guru tahun 2022.

Ketentuan kedua pembuatan akun SSCASN untuk PPPK 2022 dikecualikan untuk pelamar prioritas pertama dan untuk pelamar yang telah memiliki akun seleksi tahun 2022

Bagi yang sudah mempunyai akun SSCASN seleksi tahun 2022 dapat melakukan pembaruan data serta mengajukan lamaran menggunakan akun yang telah didaftarkan.

Kendati demikian, terkadang pelamar mempunyai kendala dan masalah mengenai akun SSCASN. Masalah atau kendala yang sering dihadapi, yaitu akun SSCASN hilang disebabkan lupa password.

Bagaimana jika mengalami kendala itu? Berikut cara mengatasi akun hilang karena lupa password akun SSCASN.

1. Pelamar PPPK 2022 masuk ke laman resmi atau website SSCASN.

2. Pelamar PPPK 2022 masuk pada menu login.

Lupa Password Akun SSCASN
3. Apabila sudah membuat akun SSCASN, akan tetapi lupa password, pelamar dapat mengklik menu: "Di sini untuk mereset password Anda".

4. Pelamar pendaftar PPPK 2022 tersebut, nantinya akan diarahkan ke layanan helpdesk. Opsi lainnya yaitu pelamar PPPK 2022 dapat juga langsung pergi ke halaman helpdesk dari halaman beranda atau bisa juga klik disini https://helpdesk-sscasn.bkn.go.id/home.

Cara Atasi Jika Lupa Password Akun SSCASN Untuk Pendaftaran PPPK 2022
5. Kemudian pilih menu password, akan ada tiga pilihan yakni  a.) Reset password b.) Lupa Jawaban Pengaman 1, c.) Lupa Jawaban Pengaman 2.

Jika anda masih ingat dengan jawaban pengaman 1 dan 2, maka pilih/klik menu reset pasword, maka anda akan diarahkan untuk mengisi data identitas diri dan jawaban dari pertanyaan pengaman. Perlu diketahui, pertanyaan pengaman ini dibuat saat anda dulunya mendaftar/membuat akun sscasn.

Apabila pelamar yang ingin mendaftar PPPK 2022 tersebut lupa password, secara otomatis akan diminta untuk mengisi form.

6. Fitur reset password dapat digunakan jika pelamar pppk tidak bisa melakukan proses login karena lupa password. Jika pelamar lupa pertanyaan pengaman satu dan dua, langsung saja menuju fitur lupa jawaban pengaman dua. Jika masih mengingat pertanyaan dan jawaban pengaman satu, pelamar dapat mengisi seluruh form yang ada di fitur ubah password.

Masukkan Nama, NIK, Nomor KK, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Pertanyaan & Jawaban Pengaman 1 yang sudah dimasukkan sebelumnya pada tahap Registrasi. Kemudian masukkan kode captcha sesuai dengan yang ditampilkan pada layar dan kemudian klik submit Setelah itu akan muncul tampilan berikut

ubah password akun sscasn

Masukkan password baru dan kode captcha yang tertera pada layar, kemudian klik "reset" , akan muncul pemberitahuan bahwa password berhasil direset.

lupa password sscasn

7. Fitur lupa jawaban pengaman satu digunakan jika pelamar tidak bisa melakukan login karena lupa password dan juga lupa pertanyaan dan jawaban pengaman satu. Masukkan Nama, NIK, Nomor KK, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Pertanyaan dan Jawaban Pengaman Dua yang sudah dimasukkan sebelumnya pada tahap Registrasi. Kemudian masukkan kode captcha sesuai dengan yang ditampilkan pada layar dan kemudian klik submit.

Jika berhasil memasukkan pertanyaan dan jawaban pengaman dua, pelamar akan mendapatkan pertanyaan dan pengaman satu. Berikutnya pelamar mengakses fitur Reset Password dengan memasukkan Pertanyaan dan Jawaban Pengaman 1 yang telah diinformasikan oleh Admin untuk memasukkan password baru dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya.

8. Akan tetapi, jika masih lupa pengamanan 2, lalu kliklah "Lupa Jawaban Pengaman 2". Fitur lupa jawaban pengaman dua digunakan jika pelamar tidak bisa melakukan login karena lupa password, lupa pertanyaan dan jawaban pengaman satu serta lupa pertanyaan dan jawaban pengaman dua.

9. Masukkan Nama, NIK, Nomor KK, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, File Scan KTP dan KK dengan ukuran file maksimal 200 kb dalam bentuk pdf atau jpg.

10. Lebih lanjut masukkan kode Captcha yang telah tertera.

11. Lalu yang terakhir adalah klik submit. Pelamar akan mendapatkan nomor tiket yang sewaktu-waktu dapat digunakan untuk mengecek sejauh mana aduan peserta ditindaklanjuti oleh Admin Helpdesk pada fitur Cek Status Pengaduan.

lupa password sscasn

Aduan pelamar akan dijawab oleh Admin Helpdesk sesegera mungkin dengan waktu jawab paling lama 2 x 24 jam. Berikutnya pelamar mengakses fitur Reset Password dengan memasukkan Pertanyaan dan Jawaban Pengaman 2 yang telah diinformasikan oleh Admin untuk memasukkan password baru dengan langkahlangkah yang telah dijelaskan sebelumnya.

Itulah ketentuan pembuatan akun SSCASN untuk PPPK 2022 serta cara mengatasi lupa password akun SSCASN sebagai langkah pendaftaran seleksi PPPK 2022.

Post a Comment for "Cara Atasi Jika Lupa Password Akun SSCASN Untuk Pendaftaran PPPK 2022"