Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kabar Baik! Mulai Tanggal 1 September 2022 untuk Guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, & SLB Dibawah Naungan Kemdikbud

Kabar Baik! Mulai Tanggal 1 September 2022 untuk Guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, & SLB Dibawah Naungan Kemdikbud
Kabar Baik! Mulai Tanggal 1 September 2022 untuk Guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, & SLB Dibawah Naungan Kemdikbud- Bagi guru naungan Kemdikbud jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB terdapat kabar baik dari Kemdikbud.

Kabar gembira untuk guru semua jenjang pendidikan ini berlaku mulai tanggal 1 September 2022 nanti. Hal tersebut sesuai Kemdikbud sampaikan ke guru melalui surat edaran Kemdikbud Ristek nomor 2208/B3/GT.00.08/2022, yang diterbitkan pada tanggal 14 Agustus 2022.

Di dalam isi surat edaran tersebut menjelaskan mengenai rekrutmen Calon Guru Penggerak (CGP) angkatan 8, 9, dan 10.

Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) adalah program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui pelatihan dan kegiatan kolektif guru. Program ini bertujuan memberikan bekal kemampuan kepemimpinan pembelajaran dan pedagogi kepada guru sehingga mampu menggerakkan komunitas belajar, baik di dalam maupun di luar sekolah serta berpotensi menjadi pemimpin pendidikan yang dapat mewujudkan rasa nyaman, aman dan kebahagiaan peserta didik ketika berada di lingkungan sekolahnya masing-masing. 

Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang menerapkan merdeka belajar dan menggerakkan seluruh ekosistem pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang berpusat pada murid.

Guru penggerak adalah katalis peningkatan kualitas proses pendidikan di sekolah yang akan menggerakkan seluruh ekosistem sekolah untuk mendukung proses dan hasil belajar murid. Hasil belajar murid tidak hanya dimaknai dengan nilai-nilai, tapi juga pada karakter dan sikap murid yang tertuang dalam profil pelajar pancasila.

PGP didesain untuk mendukung hasil belajar yang implementatif berbasis lapangan dengan menggunakan pendekatan andragogi dan blended learning selama 6 (enam) bulan.

Kegiatan PGP dilaksanakan menggunakan metode pelatihan dalam jaringan (daring), lokakarya, dan pendampingan individu. Proporsi kegiatan terdiri atas 70% belajar di tempat bekerja (on-the-job training), 20% belajar bersama rekan sejawat, dan 10% belajar bersama narasumber, fasilitator, dan pendamping (pengajar praktik).

Pelaksanaan pendidikan guru penggerak angkatan 8 akan dimulai awal bulan April 2023. Pelaksanaan PGP Angkatan 9 dan 10 akan diinformasikan kemudian. Untuk melaksanakan pendidikan tersebut diperlukan rekrutmen calon peserta pendidikan guru penggerak angkatan 8, 9, dan 10, yang akan dilakukan secara serentak pada rekrutmen CGP angkatan 8 (untuk CGP angkatan 8, 9, dan 10).

Sebagai persiapan pelaksanaan pendidikan guru penggerak diperlukan rekrutmen calon peserta dimaksud. Tujuan melakukan rekrutmen calon peserta pendidikan guru penggerak angkatan 8, 9, dan 10 untuk mendapatkan guru/kepala sekolah terbaik yang memenuhi syarat pada wilayah provinsi/kabupaten/kota sasaran sesuai angkatan di seluruh Indonesia.

Calon Peserta Pendidikan Guru Penggerak angkatan 8, 9, dan 10 adalah Guru yang berasal dari satuan pendidikan formal pada jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB. Kepala sekolah yang belum memiliki Nomor Registrasi Kepala Sekolah (NRKS).

Calon guru penggerak akan mengikuti pendidikan guru penggerak selama 6 (enam) bulan. Dalam proses pendidikannya calon guru penggerak akan mendapatkan materi secara daring dari instruktur, kemudian mendapatkan fasilitasi pembelajaran secara daring, untuk berdiskusi, melakukan elaborasi, refleksi, dan penugasan dari fasilitator. Di wilayahnya, calon guru penggerak mendapatkan pendampingan individu secara luring/daring dari pengajar praktik dan melakukan lokakarya bersama guru penggerak lainnya yang dipandu oleh pengajar praktik.

Lebih lanjut Kemdikbud menyampaikan bahwa melalui program Guru Penggerak ingin menghasilkan guru penggerak yang berperan dalam menggerakkan komunitas belajar bagi guru di sekolah dan di wilayahnya.

Selain itu, juga ditujukan untuk menumbuhkan kepemimpinan peserta didik guna mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Pada PGP reguler angkatan 8, 9, dan 10 nantinya akan dilaksanakan pada tahun 2023 mendatang. Sementara untuk rekrutmen calon guru penggerak akan dilaksanakan secara serentak pada angkatan 8 dengan sasaran 484 Kabupaten.

Kemudian dari jumlah sebanyak 514 Kabupaten di seluruh Indonesia ini, ada sebanyak 484 Kabupaten atau Kota yang akan dijalankan dengan PGP reguler.

Di sisi lain juga terdapat 30 Kabupaten akan dijalankan dengan PGP pada Daerah Khusus (Dasus) dan juga PGP intensif daftar 30 Kabupaten pada sasaran PGP dasus.

Pada pelaksanaan PGP angkatan 8 ini rencananya akan dimulai pada bulan April tahun 2023 mendatang selama enam bulan lamanya. Untuk pola belajarnya menggunakan metode belajar sistem luring dan juga daring.

Dari program guru penggerak ini, terdapat banyak sekali manfaat yang harus diketahui oleh para guru.Seperti untuk guru yang belum sertifikasi, pada saat PPG tidak wajib mengikuti proses perkuliahan dan hanya lapor diri serta ujian akhir, yakni UP dan UKIN.

Untuk pendaftaran program guru penggerak dibuka pada tanggal 1 hingga 30 September 2022 mendatang. Sehingga bagi guru yang telah sertifikasi maupun yang belum dapat mengikuti program Kemdikbud ini.

Perlu diketahui bahwa untuk proses rekrutmen calon guru penggerak dilakukan dengan beberapa tahap seleksi, yakni:

Tahap 1: Registrasi, pemberkasan, pengisian esai, pengunggahan RPP, penilaian portofolio, dan penilaian esai.

Tahap 2: Penilaian simulasi mengajar dan wawancara.

No

Kegiatan

Waktu

1

Informasi rekrutmen calon guru
penggerak

15 – 31 Agustus 2022

2

Registrasi/Pendaftaran (Unggah
berkas, pengisian Esai)

1 – 30 September 2022

3

Verifikasi, validasi, penilaian berkas
dan penilaian esai

1 – 31 Oktober 2022

4

Pengumuman tahap 1

2 – 4 November 2022

5

Simulasi Mengajar dan Wawancara

8 November 2022– 24 Februari 2023

6

Pengumuman tahap 2

27 – 28 Februari 2023

7

Pendidikan Guru Penggerak
Angkatan 8

4 April – 13 Oktober 2023

8

Pendidikan Guru Penggerak
Angkatan 9 dan 10

Akan diinformasikan kemudian

Download Edaran Rekrutmen Calon Guru Penggerak Angkatan 8, 9 dan 10


File  Unduh

Itulah proses rekrutmen calon guru penggerak yang dilakukan dengan beberapa tahapan seleksi yang dapat diketahui oleh para guru.

Post a Comment for "Kabar Baik! Mulai Tanggal 1 September 2022 untuk Guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, & SLB Dibawah Naungan Kemdikbud"