Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ini Jadwal Seleksi CASN, PPPK dan CPNS 2023, Estimasi dari Materi Rapat Koordinasi Rencana Pengadaan Seleksi ASN 2023

 

Ini Jadwal Seleksi CASN, PPPK dan CPNS 2023, Estimasi dari Materi Rapat Koordinasi Rencana Pengadaan Seleksi ASN 2023
Ini Jadwal Seleksi CASN, PPPK dan CPNS 2023, Estimasi dari Materi Rapat Koordinasi Rencana Pengadaan Seleksi ASN 2023- Setelah rekrutmen ASN tahun 2022, seleksi CASN baik PPPK maupun CPNS 2023 tentu merupakan hal yang ditunggu tenaga honorer.

Termasuk pula tenaga honorer yang tidak lolos seleksi tahun 2022, menunggu adanya rekrutmen CASN, baik PPPK dan atau CPNS 2023. Pasalnya, rencana seleksi CASN, baik PPPK dan CPNS 2023 dibahas dalam materi rapat koordinasi rencana pengadaan seleksi ASN 2023.

Terdapat beberapa regulasi mengenai rencana pengadaan ASN tahun 2023, yang salah satunya dari Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara.

Disampaikan dalam regulasi mengenai aplikasi sistem seleksi terintegrasi. Di mana, pada tahun 2023 direncanakan akan dilakukan piloting aplikasi sistem seleksi terintegrasi (SST). Hal itu setelah pengembangan dan Sistem Seleksi Terintegrasi pemutakhiran dari aplikasi CAT BKN  yang terintegrasi.

Adapun pengembangan SSCASN, yakni beberapa yang berasal dari eksternal akan dilakukan pengintegrasian, antara lain:

  1. Terdapat integrasi validasi ljazah dengan Kemdikbud Ristek ataupun data mengenai pendidikan lainnya.
  2. Terdapat integrasi SK Penetapan Kebutuhan MenpanRB dengan Formasi pada SSCASN.
  3. Terdapat integrasi data e-STR ataupun STR yang sudah divalidasi oleh Kementerian Kesehatan.

Sementara itu, pada akhir materi rencana pengadaan ASN tahun 2023 oleh BKN terdapat kesimpulan rekrutmen ASN dari beberapa poin, yakni sebagai berikut:

1. Waktu yang singkat mengakibatkan kendala dalam proses validasi formasi, verifikasi maupun jawab sanggah oleh Instansi.

2. Perubahan peraturan yang dilakukan di tengah seleksi berlangsung harus dihindari, sebab akan berpotensi gugatan pelamar karena merasa dirugikan.

3. Evaluasi penggunaan e-meterai terutama kesiapan pihak PERURI.

4. Keberhasilan Proses rekrutmen Tertutup ditentukan dari kualitas data, khususnya data Dapodik untuk PPPK Guru maupun Data SISDMK untuk PPPK Tenaga Kesehatan.

5. Perbaikan Sistem pengamanan seleksi, mulai dari penyiapan soal ujian, hingga dengan pelaksanaan seleksi dan penentuan kelulusan peserta ujian menggunakan digital.

Sementara untuk estimasi jadwal CASN, PPPK dan CPNS 2023, berdasarkan estimasi waktunya, disebutkan BKN sebagai berikut ini:

1. Estimasi awal tahun 2023

Pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK tenaga teknis tahun 2022.

2. Estimasi Mei-Juni 2023

Pelaksanaan seleksi sekolah kedinasan tahun 2023.

3. Apabila diadakan di tahun 2023, seleksi CASN 2023, CPNS dan/atau PPPK

Diketahui bahwa  Integrasi Sumber Data Peserta Seleksi PPPK 2022 pada pelaksanaan seleksi PPPK Tenaga Kesehatan pada tahun 2022, BKN terintegrasi dengan data di Kementerian Kesehatan (SISDMK) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (DAPODIK) dalam hal Penyediaan Data peserta PPPK.(menpan.go.id).

Post a Comment for "Ini Jadwal Seleksi CASN, PPPK dan CPNS 2023, Estimasi dari Materi Rapat Koordinasi Rencana Pengadaan Seleksi ASN 2023"