Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

2023 Honorer Bisa Menjadi ASN Tahun ? Pemerintah Beri Jawaban Ini

 

2023 Honorer Bisa Menjadi ASN Tahun ? Pemerintah Beri Jawaban Ini
2023 Honorer Bisa Menjadi ASN Tahun ? Pemerintah Beri Jawaban Ini-  Ada kabar gembira dari pemerintah kepada jutaan tenaga honorer yang ada di seluruh Indonesia.

Di tengah kabar penghapusan tenaga honorer yang akan dilakukan pemerintah, ada jalan bagi tenaga honorer menjadi ASN.

Jalan menjadi ASN ini diungkapkan langsung oleh MenpanRB, dimana ada beberapa tenaga honorer yang diprioritaskan untuk diangkat menjadi ASN.

Tentu ini menjadi kabar baik bagi para tenaga honorer untuk nasib dan status mereka yang sudah dari lama ingin menjadi ASN.

Pemerintah memastikan akan tetap membuka rekrutmen CASN 2023 yang dibuka untuk dua kategori, yaitu CPNS dan juga PPPK.

"Pemerintah sudah memutuskan untuk melakukan rekrutmen CPNS dan PPPK pada tahun 2023," ucap MenpanRB Azwar Anas, dikutip melalui situs MenpanRB.

Dalam membuka rekrutmen CASN 2023 ini pemerintah membuat empat kebijakan yang akan sejalan dengan misi Presiden Joko Widodo.

Kebijakan tersebut mulai dari fokus pada pelayanan dasar, dimana MenpanRB akan melakukan rekrutmen untuk para guru dan juga tenaga kesehatan.

Rekrutmen pelayanan dasar ini dilakukan untuk bisa menyelesaikan masalah non ASN dengan sangat optimal sekali.

Kebijakan kedua adalah pembukaan rekrutmen talenta digital dan juga profesi data scientist di lingkungan instansi pemerintah.

Kebijakan ketiga adalah melakukan rekrutmen CPNS dengan sangat selektif sekali. Sementara untuk kebijakan keempat, pemerintah akan mengurangi rekrutmen untuk jabatan yang terkena dampak skema digitalisasi dan kemajuan teknologi.

“Karena dunia digital berubah cepat, pemerintah juga harus cepat adaptasi agar tidak tergerus zaman,” jelas Azwar Anas.

Untuk seleksi CPNS tahun 2023, ada beberapa profesi yang diprioritaskan untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil oleh pemerintah.

"Prioritas pemerintah untuk pemenuhan kebutuhan profesi tertentu seperti hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya termasuk talenta digital serta jabatan pelaksana prioritas sesuai Peraturan Menteri PANRB No. 45/2022 tentang Jabatan Pelaksana Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah,” kata Anas.

Untuk rekrutmen PPPK, pemerintah akan memprioritaskan tenaga honorer guru dan kesehatan untuk diangkat menjadi PPPK.

Di lain hal, MenpanRB juga meminta akan pemerintah daerah segera melakukan pendataan dan mengusulkan jumlah ASN yang dibutuhkan dan diinginkan untuk diisi di setiap instansi yang ada di daerah.

“Berdasarkan usulan kebutuhan dari kementerian, lembaga dan pemda akan ditetapkan formasi dengan memperhatikan pendapat Menteri Keuangan dan pertimbangan teknis Kepala BKN,” jelas Azwar Anas.

Post a Comment for "2023 Honorer Bisa Menjadi ASN Tahun ? Pemerintah Beri Jawaban Ini"