Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ikuti Seleksi PPPK 2021: Guru Agama Harus Aktif Pada 4 Aplikasi Ini

Ikuti Seleksi PPPK 2021: Guru Agama Harus Aktif Pada 4 Aplikasi Ini
Berita masuknya guru agama pada seleksi PPPK 2021 disambut gembira. Langkah berikutnya setelah mengungkapkan rasa syukur adalah guru agama harus memastikan dirinya aktif pada beberapa aplikasi pendataan. Mengapa? Tidak lain karena aplikasi tersebut menjadi pangkalan data yang menginformasikan guru agama sudah terdaftar pada sistem.

Keempat aplikasi yang dimaksud adalah Dapodik, SIMPKB, EMIS dan Siaga. Dapodik dan SIMPKB adalah aplikasi data guru milik Kemendikbud. Guru agama wajib aktif pada kedua aplikasi ini karena dia mengajar di sekolah umum atau sekolah milik Kemendikbud.

Adapun EMIS dan Siaga merupakan merupakan aplikasi data milik Kemenag. EMIS wajib diisi karena guru agama masuk dalam binaan Kemenag, sedangkan Siaga wajib diisi karena guru agama secara teknis dibina oleh Ditjen Pendidikan Islam (Pendis).

Dapodik

dapodik
Dapodik, adalah singkatan dari Data Pokok Pendidikan. Adalah sebuah sistem pendataan yang digunakan untuk menjaring semua data terkait data kelembagaan dan kurikulum sekolah, seperti data siswa, data guru dan karyawan, serta data sarana dan prasarana setiap sekolah di seluruh Indonesia bahkan hingga sekolah-sekolah Indonesia yang berada di luar negeri.

Cara mengoperasikan Aplikasi Dapodik cukup mudah. Siapkan laptop, modem/konektivitas internet, lalu install aplikasinya, lanjutkan dengan registrasi operator dan sekolah yang akan kita kerjakan dapodiknya, lalu isi data-data dapodiknya.

Dapodik berfungsi untuk penentuan alokasi dana BOS sesuai jumlah siswa. kuota penerima tunjangan untuk guru, bantuan sarpras, dll.

SIMPKB

SIMPKB
SIMPKB kepanjangan dari Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Keprofesian yang Berkelanjutan. Sistem ini disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang ditujukan untuk seluruh guru di Indonesia.

Melalui SIMPKB ini, seorang guru bisa menempuh pendidikan profesi (meliputi pretest, postest, dan kegiatan PPG lain) dan mendapatkan benefit berupa tunjangan.

Meskipun ditujukan bagi seluruh guru di Indonesia, tetapi ada syarat yang mendasari agar seorang guru bisa mendaftar. Untuk mendaftar, seorang guru harus terdaftar di komunitas guru dan tenaga kependidikan (GTK) yang berada di bawah Kemdikbud.

Langkah-langkah mengaktifkan SIMPKB dapat dilihat di : Cara Membuat Akun SIM-PKB Lengkap Dengan Gambar

Emis Pendis

EMIS Pendis, EMIS singkatan dari Education Management Information System. Jadi EMIS Pendis merupakan sistem informasi yang dikembangkan oleh Kemenag untuk memudahkan input data sekolah, pondok pesantren dan pendidikan tinggi Islam. EMIS bermanfaat untuk menemukan data yang valid tentang madrasah, pondok pesantren dan pendidikan tinggi di Indonesia.

EMIS mengalami pengembangan. Pembaharuan terakhir terdapat pembagian yang semakin mempermudah masyarakat mengakses data. EMIS Dashboard, misalnya, adalah Informasi Data Pokok Pendidikan Islam, terdiri atas Data Madrasah, Data PTKI, Data Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren dan Data PAI. Pada EMIS Dashboard berisi data pada semester yang sudah dan yang sedang berjalan. Pada semester berjalan dapat dimonitor pergerakan pendataan yang disajikan pada halaman depan bagian bawah dan pada menu utama Data Progres.

Cara mengaktifkan dan mengisi data guru di EMIS Pendis sebagai berikut :
  1. Bukalah web http://emispendis.kemenag.go.id/emis_pai/login/form
  2. Login menggunakan NIK KTP dan password yang diberikan oleh Admin di Kemenag kota/kabupaten.
  3. Ubah password standar agar tidak disalahgunakan orang lain. Password terdiri dari kombinasi huruf kecil dan kapital.
  4. Login kembali menggunakan NIK dan password terbaru.
  5. Unggah foto dan pindai KTP dan mengisi pertanyaan- pertanyaan yang muncul.
  6. Menjawab pertanyaan dan lobi. Siapkan juga hasil pindai dokumen dengan resolusi maks 200dpi.
  7. Setelah semua diisi, klik menu Konfirmasi pada Tab Profil.
  8. Segera print rekap data dan mintakan  tanda tangan Kepala Sekolah dan Pengawas kemudian diunggah lagi.

Siaga Pendis

Siaga Pendis
Siaga Pendis adalah aplikasi Validasi dan Verivikasi data Guru Agama dan Pengawas Madrasah, dibuat untuk memantau dan mempermudah kearsipan data sehingga kinerja dapat terukur dan mudah dalam penyaluran tunjangan yang diberikan.

Cara mengaktifkan Siaga Pendis sebagai berikut :
  1. Masukkan akun dan password Anda, pilih Masuk.
  2. Pilih Tab Menu Jadwal dan Tugas.
  3. Pilih Lengkapi.
  4. Pilih Tambah Jam Mengajar.
  5. Isi data yang ada: Kelas, Rombel, Mata Pelajaran, Jumlah Jam, dan Jumlah Siswa.
  6. Pilih Tambahkan. …
  7. Selesai mengisi jadwal, sila pilih Unduh Jadwal dan Tugas Tambahan yang telah diisi.
  8. Demikian, keempat aplikasi yang harus diaktifkan guru agama. Bagi sebagian guru tampak ribet dengan banyaknya aplikasi yang harus diaktifkan setiap semester.
Untuk saat ini mari kita aktifkan seraya berharap ke depan cukup dengan satu aplikasi tetapi terkoneksi ke berbagai keperluan. Sesuai dengan falsafah teknologi yakni “membuat segalanya lebih mudah dan praktis”.

Trik Untuk Guru Agama Dalam Menghadapi Seleksi PPPK

Untuk guru agama siapkan diri dengan :
  1. Mengaktifkan pendataan di Dapodik, Simpkb, Emis dan Siaga.
  2. Ketua FKG PAI TK, KKG PAI SD, MGMP PAI SMP menghubungi admin Dinas Pendidikan kab/kota dan Ketua MGMP PAI SMA/SMK menghubungi admin Dinas Pendidikan provinsi untuk membuat komunitas PAI di Dapodik dan Simpkb. Selanjutnya membuka kedua aplikasi ini untuk kepentingan rekrutmen PPPK bagi guru PAI honorer,
  3. Memperhatikan jadwal pelaksanaan seleksi PPPK,
  4. Membuat timeline persiapan mulai dari pengaktifan pendataan sampai pada pelaksanaan tes, sebaiknya membuat kelompok belajar dengan teman-teman,
  5. Mengunduh dan mempelajari modul materi kompetensi umum pada link tersebut di atas,
  6. Mencari soal-soal latihan ujian PNS ataupun latihan soal PPPK dan mempelajarinya,
  7. Terus mendekatkan diri kepada Allah agar maksud dan tujuan tercapai,
  8. Semoga Kemenag atau AGPAII menyiapkan Modul Belajar Mandiri materi agama Islam.
Demikian, semoga dengan usaha yang maksimal dapat memperoleh hasil yang maksimal.
Dari berbagai sumber : emispendis.kemenag.go.id, dapo.kemdikbud.go.id, gtk.belajar.kemdikbud.go.id, agpaii.org, siagapendis.com

Post a Comment for "Ikuti Seleksi PPPK 2021: Guru Agama Harus Aktif Pada 4 Aplikasi Ini"